9 Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kesuburan Wanita

Kesuburan-wanita-ditentukan-oleh-9-faktor-web
source: www.go-dok.com

GoDok – Kesuburan wanita – Berbicara mengenai kesuburan wanita memang tidak akan ada habisnya. Bagaimana tidak! Ketika membahas permasalahan ini, benak Anda mau tidak mau akan mengaitkannya dengan kemungkinan apakah bisa memiliki momongan di kemudian hari; atau tidak.

1. Berat badan

Faktor yang memengaruhi kesuburan wanita yang pertama adalah berat badan. Tahukah Anda, bahwa berat badan berlebih -atau dikenal juga dengan istilah obesitas- ternyata dapat meningkatkan risiko Anda terkena Polycistoc Ovarium Syndrome (PCOS)? Selain itu, Thomas Jefferson -pakar obgyn- juga menyatakan bahwa semakin berat bobot seorang wanita, maka semakin rentan pula ia mengalami kemunduran fungsi ovarium.

Lantas, apakah badan kurus (underweight) lebih baik! Tidak. Karena faktanya, bobot yang terlalu rendah pada wanita akan membuat ia kekurangan hormon Leptin. Dampak dari kekurangan hormon ini adalah tidak teraturnya siklus menstruasi. Mengerikan, bukan?

Mengingat dampak buruk yang diakibatkan oleh berat badan ektstrem terhadap kesuburan wanita, maka lebih bijak rasanya jika Anda selalu memastikan bahwa berat badan selalu berada dalam ranah ‘normal’.

2. Usia

Mengapa usia memengaruhi keseuburan wanita? Seperti yang telah kita ketahui, wanita akan mengalami menopause di usia 40-50an. Nah, menopause inilah yang akan membuat kesuburan wanita menurun secara drastis; karena di usia tersebut, tubuh sudah tidak mampu lagi memproduksi sel telur.

Lebih lanjut, banyak ahli yang menyatakan bahwa beberapa tahun sebelum menopause (sekitar usia 35 tahun), seorang wanita akan lebih sulit memiliki momongan karena produksi sel telur tengah mengalami penurunan drastis.

3. Faktor genetika

Ternyata, faktor genetika juga turut menentukan tingkat kesuburan wanita, lho. Singkatnya, jika tingkat kesuburan Anda termasuk kurang baik, maka besar kemungkinan Anda juga akan mengalami hal yang sama.

4. Kebiasaan merokok dan minum alkohol

Faktor yang memengaruhi kesuburan wanita yang selanjutnya adalah kebiasaan merokok dan minum alkohol. Menurut American Society of Reproductive Medicine, setidaknya 13% dari total kasus mandul pada wanita disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Begitu pula halnya dengan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol. Sebab, kebiasaan meminum miras setiap hari terbukti meningkatkan risiko seorang wanita mengalami masalah kehamilan sehingga memerlukan terapi medis tambahan.

(Baca: 6 Cara Hindari Pengaruh Miras)

5. Konsumsi kafein

Ternyata, konsumsi kafein berlebih juga dapat memengaruhi kesuburan wanita, lho! Kafein yang terkandung di dalam teh dan kopi terbukti dapat menghambat proses pematangan sel telur. Jadi, mulai dari sekarang, bijak dalam menentukan batas dan jumlah kafein perhari Anda, ya!

6. Gangguan tiroid

Selanjutnya, Anda juga disarankan untuk selalui memerikasakan kondisi hormon tiroid ke dokter atau rumah sakit terdekat. Mengapa? Sebab terganggunya produksi hormon tiroid dalam tubuh terbukti berpengaruh pada kehamilan dan proses ovulasi.

7. Siklus haid

Normalnya, jarak antara hari pertama menstruasi dengan haid pertama berikutnya berkisar antara 21-35 hari. Karenanya, jika siklus mentruasi Anda tidak berjalan seperti itu -atau malah lebih acak dari kondisi normal-, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter. Sebab, hal ini salah satu faktor yang memengaruhi tingkat kesuburan wanita.

8. Keputihan

Sebenarnya, keputihan merupakan hal yang normal dialami setiap wanita. Namun, apa jadinya jika cairan keputihan yang keluar berwarna keruh serta mengeluarkan bau yang tidak sedap? Bisa jadi, vagina Anda tengah terinfeksi virus yang dapat memengaruhi kesehatan organ reproduksi. Karenanya, jangan malas untuk berkonsultasi secara rutin dengan dokter, ya!

(Baca: 5 Cara Alami Untuk Atasi Keputihan)

9. Kebiasaan diet

Faktor yang memengaruhi kesuburan wanita yang terakhir adalah kebiasaan diet yang dilakukan secara ekstrem. Ya, menurut dr. Marilyn Glenville -pakar kesuburan wanita-, kebiasaan diet ekstrem akan membuat kadar gula darah dalam tubuh mengalami penurunan. Inilah yang kemudian memicu penyerapan hormon progesteron berjalan kurang maksimal. Padahal, hormon progesteron dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan sel telur, lho!

Itu tadi 9 faktor yang memengaruhi kesuburan wanita. Semoga bermanfaat!

Dilansir dari http://www.go-dok.com/kesuburan-wanita-ternyata-dipengaruhi-oleh-9-faktor-ini/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s